Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

CARA MENCARI PEKERJAAN YANG COCOK UNTUK DIRI KITA

Written By Darsono Bin Dharmo Suwito on Senin, 20 Mei 2013 | 19.00

Saat ini tidak hanya laki-laki saja yang bekerja untuk mencari nafkah, namun perempuan juga banyak yang bekerja untuk menambah penghasilan keluarga. Bekerja tidak selalu hanya untuk mencari uang, akan tetapi juga untuk tujuan lainnya seperti aktualisasi diri, mencari teman, mencari jodoh, mencari kesibukan diri, dan lain sebagainya.

Pekerjaan yang baik bukan hanya pekerjaan yang memberikan penghasilan yang besar saja, bukan juga yang nyaman dilakukan, tetapi lebih dari itu, ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Setiap orang yang bekerja harus bisa menemukan pekerjaan yang tepat dan cocok untuk dirinya sendiri. Gagal mencari kerja yang cocok dengan minat, bakat dan kemampuannya bisa membuat seseorang kurang bahagia lahir dan batin.
Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda / ciri-ciri / kriteria pekerjaan yang cocok dengan diri seseorang :
1. Bisa Menjalankan Pekerjaan Tanpa Banyak Kesulitan
Dalam bekerja di kantor harus menguasai pekerjaan yang dijalani sehingga tidak merepotkan orang lain saat bekerja. Sebagian besar pekerjaan yang dikerjakan harus bisa diselesaikan oleh diri sendiri. Lain hal jika pekerjaan itu butuh kerjasama tim.
2. Bekerja di Lokasi / Tempat Kerja yang Cocok
Jangan memilih pekerjaan yang terlalu jauh tempatnya dari tempat tinggal kita, karena dapat menguras tenaga, biaya dan waktu kita. Namun jika sudah terlanjur, maka bisa diatasi dengan mencari tempat tinggal yang lebih dekat dengan kantor, selama anggota keluarga lain tidak keberatan.
3. Memberikan Penghasilan dan Tunjangan yang Baik dan Halal
Percuma kita kerja banting tulang, peras keringat, tekor otak apabila pendapatan yang diterima tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan hidup sederhana sehari-hari. Carilah pekerjaan yang penghasilan serta tunjangannya bisa lebih dari cukup dalam mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Pekerjaan dan penghasilan pun juga harus halal dari sisi Agama kita.
4. Bekerja dengan Orang-Orang yang Menyenangkan
Kita bisa pusing dan stress jika rekan-rekan kerja kita selalu membuat masalah dengan kita. Bekerja yang baik harus diliputi oleh suasana kekeluargaan, saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain serta penuh dengan canda tawa dalam porsi yang wajar.
5. Menyukai dan Menikmati Pekerjaan yang Diberikan
Kita bekerja harus sesuai dengan minat kita sehingga kita bisa menjalankan pekerjaan dengan penuh suka cita dan penuh tanggungjawab. Tanpa itu maka kita akan merasa seperti terpaksa melakukan pekerjaan kita yang tanpa didasari keinginan kuat untuk melakukan pekerjaan yang diberikan.
6. Budaya Kerja yang Baik
Di dalam tempat kerja memiliki aturan-aturan, adat kebiasaan, norma dan nilai-nilai yang adil serta sesuai dengan hati nurani kita. Jika bertentangan maka bisa membuat kita kurang menikmati pekerjaan tersebut.
7. Memiliki Atasan dan Bawahan yang Baik
Tiada pekerjaan yang lebih indah jika atasan dan bawahan kita adalah orang-orang terbaik dan menyenangan. Jika kita salah, maka bos akan membantu memperbaiki dan anak buah selalu mengingatkan. Dalam bekerja atasan mengayomi dan bawahan memberikan dukungan moril dan spirituil yang baik.
8. Pekerjaan Tetap yang Berkesinambungan
Pekerjaan yang digeluti harus memberikan kepastian di masa depan. Status kepegawaian kita harus bisa menjadi pegawai / karyawan tetap setelah mengabdi untuk masa waktu tertentu. Tidak terus menerus sebagai pegawai / karyawan kontrak, honorer atau pun outsourcing.
9. Memberikan Penghargaan Jika Telah Bekerja dengan Baik
Betapa senangnya jika pekerjaan yang telah kita kerjakan dengan baik dihargai oleh perusahaan. Jika kita bekerja dengan sepenuh jika namun dihargai sama dengan orang yang kerjanya biasa-biasa saja, maka kita bisa menjadi tidak semangat dalam bekerja secara maksimal.
10. Membuat Keluarga Kita Bangga
Keluarga kita di rumah dan di luar rumah pun juga harus setuju dengan pekerjaan yang saat ini kita geluti. Akan sangat bermasalah jika profesi dan tempat kita bekerja ditentang oleh keluarga dan masyarakat umum.
11. Tidak Sering Menimbulkan Konflik / Masalah
Jika selama kita bekerja selalu memunculkan permasalahan demi permasalahan yang pelik, maka sebaiknya kita minta pindah bagian atua bila perlu carilah pekerjaan lain. Konflik / masalah yang timbul dapat merusak konsentrasi kerja dan konsentrasi di luar kerja sehingga bisa membuat hidup kita kurang bahagia.
12. Tidak Ingin Mencari Pekerjaan Lain
Yang paling penting dalam menentukan pekerjaan yang cocok atau tidak untuk diri kita sendiri adalah keinginan untuk pindah pekerjaan. Jika rasa itu ada maka sudah pasti pekerjaan itu tidak cocok. Namun jika rasa keinginan itu tidak ada, maka berarti kita sudah merasa cocok bekerja di tempat kerja kita. Beda halnya jika tidak mau cari pekerjaan lain karena memang tidak ada pekerjaan lain yang bisa kita dapatkan atau bekerja karena terpaksa oleh keadaan.
-----
Jika ada banyak point di atas yang terpenuhi, maka berarti pekerjaan yang telah kita kerjakan sudah cocok dengan diri kita. Namun jika banyak yang tidak sesuai dengan kondisi riil di tempat kita kerja, maka itu tandanya kita tidak menyukai pekerjaan yang saat ini dijalani, sehingga perlu tindak lanjut dari persoalan ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan objektif, bijak, dan tidak mengandung SARA.